Cara Cepat memasukkan Data Siswa kedalam Rekap FUM SIBOSPINTAR


Hai-hai....Kembali lagi Admin akan memberikan tutorial mengenai Aplikasi terbaru dari Kemenag yaitu SIBOS PINTAR Kemenag.

Mungkin ada sedikit istilah yang perlu dijelaskan lagi dalam Artikel ini yaitu istilah FUM, lalu apa sebenarnya yang disebut FUM tersebut, maka silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

FUM adalah singkatan dari Formulir Usulan Siswa. Setiap madrasah wajib mengisi data FUM agar data peserta didik yang ada bisa direkapitulasi oleh pihak pusat. Sehingga jumlah data peserta didik yang ada di pusat dengan yang ada di madrasah bisa sesuai. Hal ini sangat penting mengingat hasil rekapitulasi itulah yang nanti menjadi pedoman jumlah penerimaan dana BOS dan PIP madrasah.
Dengan anda mengisi FUM di Aplikasi SIBOS PINTAR, diharapkan ada kesesuaian atau kesamaan data dimadrasah dengan data dipusat. Tentunya hal tersebut agar supaya dana BOS dan PIP yang diberikan bisa sesuai dengan jumlah peserta didik.

Dengan adanya hal tersebut, tentunya masih ada sebagian rekan-rekan Operator Madrasah yang bingung bagaimana cara memasukkan Data Siswa ke dalam Rekap FUM SIBOS PINTAR Kemenag. dan pada artikel ini Admin akan sedikit memberikan tutorial Cara Cepat Memasukkan Siswa ke dalam Rekap FUM SIBOS PINTAR.

Adapun Cara Cepat Memasukkan Siswa ke dalam Rekap FUM SIBOS PINTAR adalah sebagai berikut :
1. Bukalah aplikasi dekstop SIBOS PINTAR yang sudah terinstall di komputer/laptop anda
2. Masukkan UserID dan Password anda masing-masing
3. Kemudian Pilih menu Daftar Kelas lalu pilih kelas yang peserta didiknya akan di usulkan ke dalam FUM
4. Klik detail apabila anda sud pernah input data peserta didik, namun apabila belum maka klik pada tombol Daftarkan Siswa
5. Kemudian input peserta didik, caranya bisa melalui tarik data dari emis atau jika tidak ada maka anda bisa melakukan input secara manual.
6. Sesudah anda klik detail maka akan muncul jendela di sebelah kanan seperti yang bisa anda lihat gambar dibawah ini

sibospintar1


7. Lalu cek di daftar laporan lembaga ⇒ rekap lembaga tahun pelajaran 2018/2019 maka akan muncul jendela baru disebelah kanan seperti gambar dibawah ini.

sibospintar3


8. Ulangi langkah - langka di atas untuk peserta didik yang lainnya, pastikan agar semua peserta didik masuk pada rekap Formulir Usulan Madrasah (FUM).

Demikianlah informasi mengenai Cara Cepat Memasukkan Siswa ke dalam Rekap FUM SIBOS PINTAR yang dapat Admin berikan, Terima kasih telah berkunjung semoga bermanfaat untuk kita semua.

0 Response to "Cara Cepat memasukkan Data Siswa kedalam Rekap FUM SIBOSPINTAR"

Post a Comment

Masukkan Komentar Anda ........

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel